37 Keajaiban Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan (LENGKAP)

Pitaya atau yang lebih dikenal dengan sebutan buah naga ini adalah buah asli Amerika tepatnya buah naga ini berada di bagian Amerika Selatan.

Dan seiring berjalannya waktu, budidaya buah naga ini telah menyebar luas hingga kedalam benua Asia.

Buah naga ini cukup dikenal oleh kalangan umum atau kalangan dunia, berada di negara-negara China, Thailand, dan Vietnam.

Dan uniknya buah naga ini dinamakan demikian karena kulitnya yang seperti kulit naga yang bersisik, dan warna yang dimilikinya juga sangat beragam ada merah, kuning, putih, dan biru.

Meskipun ketersediaan buah ini di seluruh dunia cukup terbatas, namun popularitasnya tidak kalah dengan buah lainnya.

Dan buah naga ini mudah sekali ditemukan di daerah tropis dan subtropis, buah naga adalah salah satu buah eksotis yang menawarkan banyak manfaat untuk kulit Anda, rambut, dan kesehatan.

Sebelum membahas mengenai manfaat buah naga ini ada baiknya kalau kita mengetahui kandungan dan gizi buah naga, dan kandungannya adalah sebagai berikut:

Gizi, Jumlah/100 gram, % AKG harian, keterangan
Air, 87 g, NA, Sangat kaya akan air
Protein, 1.1 g, 2.1 %,
Lemak, 0.4 g, NA,Praktis tidak ada lemak
Karbohidrat, 11.0 g, 3.4 %,
Serat, 3 g, 12 %,Sumber serat yang cukup tinggi
Vitamin B1 (Thiamine), 0.04 mg, 2.7 % ,
Vitamin B2 (Riboflavin), 0.05 mg, 2.9 %,
Vitamin B3 (Niacin), 0.16 mg, 0.8 %,
Vitamin C (Ascorbic Acid), 20.5 mg,34.2 %, Mengandung 3x lebih banyak dari wortel
Kalsium (Ca), 8.5 mg, 0.9 %,
Besi (Fe), 1.9 mg, 10.6 %,Sumber besi yang cukup baik

Salah satu alasan mengapa buah naga ini penting untuk dikonsumsi adalah banyak sekali manfaat yang dihasilkan, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan kita, jika anda penasaran yuk simak baik-baik ulsannya ya, selamat membaca.

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


1. Buah naga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
Salah satu yang berperan dalam menurunkan kolesterol adalah biji buah naga tersebut, mengapa demikian karena bijinya mengandung banyak sekali lemat tak jenuhnya, ini dapat bermanfaat untuk kesehatan tanjung kita, lalu bisa juga untuk mengikat kolesterol dan membuangnya keluar.

Tidak hanya itu saja, manfaat biji buah naga dapat memperlancar peredaran darah, menormalkan kadar gula (ini cocok untuk penderita diabetes), dan menetralkan racun.

2. Cocok dan baik untuk ibu hamil dan menyusui
Ibu hamil akan memerlukan energi yang lebih saat sedang mengandung buah hati, dengan mengkonsumsi buah naga, maka mampu mendapatkan energi didalam tubuh, karena setiap 100 gram buah naga, mengandung karboidrat, sehingga ibu hamil mampu mendapatkan asupan energi yang lebih, dan ini sangat baik sekali bagi Ibu hamil dan janin tentunya.

Dan tidak hanya itu saja, dengan adanya kandungan folat dalam buah naga, ternyata mampu membantu pertumbuhan janin, ini akan sangat membantu tumbuh kembanganya janin, dan dapat mencegah terkena keguguran dan kecacatan fisik, karena menurut dari ilmu kesehatan, jika janin mengalami kekurangan folat maka akan menderita kecacatan tabung dibagian syaraf.

Dan yang terakhir adalah bahwa rata-rata orang yang sedang hamil akan memiliki masalah pada tekanan darahnya, dan jika bunda mengalami tekanan darah rendah, maka sangat dianjurkan mengkonsumsi buah naga, karena kandungan dalam buah naga mengandung zat besi, ini dapat membuat sel darah merah kita menjadi sehat dan baik, sehingga jangan sampai melewatkan buah naga ya.

3. Baik untuk kecantikan kulit dan wajah kita
Yup, kandungan dari buah naga sangat kaya sekali, terlebih lagi adalah kandungan vitamin B3, dan sebagaimana kita tahu vitamin ini bermanfaat sekali untuk kelembapan dan pencegahan penuaan dini.

Cara menggunakannya cukup mudah sekali kog, dengan cara membersihkan terlebih dahulu buah naganya, setelah itu blender semuanya dengan menambahkan ½ gelas air bersih, lalu saring ampasnya dan buang ampasnya, setelah bersih olesi muka dan leher dengan merata, agar manfaat buah naga ini berefek baik untuk kecantikan kita, lakukanlah ini secara teratur dan tidak berlebihan, bisa 1 minggu sekali atau 2-3 kali, yang penting teratur.

4. Buah naga dapat menurunkan berat badan dan cocok untuk program diet
Buah naga mengandung kalori yang sangat stabil dan juga terdapat karboidrat yang baik untuk tubuh kita, ini memungkinkan untuk orang yang mengonsumsi buah naga tidak akan gemuk, walaupun ketika memakannya sampai kenyang.

Selain itu kandungan dari buah naga juga terdapat zat-zat yang berfungsi untuk melancarkan metabolisme tubuh manusia, sehingga aliran darah terjaga dengan baik.

Dan tidak hanya itu saja, khasiat dari buah naga juga banyak sekali, yaitu dengan adanya serat, maka mampu membuat proses pencernaan menjadi lancar, sehingga kotoran-kotoran yang ada didalam tubuh terbuang dengan baik.

5. Sebagai sumber asupan antioksidan terbaik 
Buah naga putih dan merah sangat kaya akan zat antioksidan yang baik, dan zat antioksidan ini berfungsi untuk menangkal radikal-radikal bebas dalam tubuh kita, dan kita harus memperbanyak zat ini agar tubuh kita terus sehat dan bugar tentunya.

6. Dapat memperkuat tulang dan gigi
Dengan adanya kalsium dan zat besi, maka tulang dan gigi kita mendapat asupan nutrisi yang baik, dan kalau sudah seperti itu, maka kesehatan tulang dan gigi dapat terjaga dengan baik.

7. Baik untuk membersihkan usus
Kandungan serat yang baik sekali untuk kelancaran proses pencernaan dalam tubuh kita, dan dengan kandungan serat yang baik inilah semua kotoran dalam usus kita dapat diikat dengan baik dan dikeluarkan keluar tubuh kita, sehingga tubuh bersih dan semakin sehat tentunya.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan buah naga merah terdapat vitamin C, yang berkhasiat mampu menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

10. Tingginya kandungan vitamin dan mineral
Yah dengan banyaknya atau kayanya kandungan vitamin dan mineral dapat membuat bayi tidak mengalami dehigrasi, dan dengan membiasakan mengkonsumsi sejak dini dapat membantu perkembangan otak sekaligus menguatkan sistem imun, sehingga bayi dapat menjadi lebih cerdas dan kebal terhadap penyakit tentunya

11. Dapat menyehatkan mata bayi
Kandungan yang bermanfaat dari buah naga adalah bahwa dapat membuat mata menjadi sehat dan mampu menjernihkan mata, ini sangat cocok sekali untuk kesehatan mata si bayi.

12. Dapat mencegah penuaan dini
Buah naga ungu banyak mengandung zat antioksidan, dan zat ini mampu menangkap dan menangkal radikal bebas dan berbahaya dalam tubuh manusia, sehingga badan tetap segar dan tetap fresh dan bonusnya adalah muka kelihatan segar dan tampak muda.

13. Dapat Mengontrol Gula Darah
Buah naga ungu cocok sekali untuk penderita diabetes, karena dengan kandungan dari buah naga inilah dapat membuat gula darah terkontrol dengan baik.

14. Buah naga dapat merangsang kesuburan
Jika Anda sudah mulai untuk memprogram anak, cobalah untuk rutin memakan buah naga ini, karena dengan adanya vitamin dan  kandungan yang bergizi tinggi, mampu merangsang tingkat kesuburan Anda, cobalah.

15. Dapat membantu perkembangan otak bayi, sehingga menjadi pintar dan cerdas
Kandungan yang baik untuk bayi dalam kandungan ibu ada dalam buah naga, salah satunya adalah asam folat, mengapa demikian, karena dengan nutrisi dan zat asam folat ini mampu memberikan nutrisi yang baik untuk perkembangan otak si bayi, dan untuk serat ini berfungsi untuk memberikan kelancaran pada pencernaan si Ibu.

16. Cocok dan baik untuk ibu hamil dan menyusui
Ibu hamil akan memerlukan energi yang lebih saat sedang mengandung buah hati, dengan mengkonsumsi buah naga, maka mampu mendapatkan energi didalam tubuh, karena setiap 100 gram buah naga, mengandung karboidrat, sehingga ibu hamil mampu mendapatkan asupan energi yang lebih, dan ini sangat baik sekali bagi Ibu hamil dan janin tentunya.

17. Buah Naga dapat dibuat masker, sehingga dapat mencegah dan menghilangkan jerawat dengan cepat
Yah manfaat buah naga ternyata tidak hanya khusus untuk kesehatan semata lho, karena manfaat buah naga cocok juga untuk kecantikan kita, dan akhir-akhir ini banyak juga kog kaum hawa yang mulai mengemari buah naga ini, karena semakin rutin dan teratur mengkonsumsi buah naga maka wajah pun semakin bersih dan terawat.

18. Buah naga baik sekali untuk perkembangan anak-anak
Dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur, ini dapat menjadikan tubuh anak kita semakin kuat dan penyakit juga sangat jarang menyerang, karena adanya antioksidan yang berperan melawan segala bentuk radikal bebas dalam tubuh si Anak.

19. Meningkatkan nafsu makan
Buah naga mengandung vitamin B1 dan juga B1, vitamin ini dapat membuat nafsu si anak menjadi banyak dan meningkat, sehingga orang tuapun senang melihatnya.

20. Dapat mengobati batuk dan asma
Buah naga merah maupun buah naga putih sama-sama memiliki khasiat untuk mengobati penyakit batu maupun asma, karena didalamnya mengandung vitamin C yang sangat tinggi, sehingga dapat membuat sistem kekebalan tubuh anak menjadi kuat dan dapat melawan penyakit yang ada.

Dan juga dapat meningkatkan fungsi kerja otak, sehingga anak pun menjadi cerdas dan pintar, dan pada akhirnya prestasipun dapat diraih dengan cemerlang tentunya.

21. Cara membuat buah naga menjadi masker dan menghilangkan jerawat

Cara membuat buah naga untuk jerawat
  1. Pilih buah naga yang masih segar dan masih bagus, entah itu buah naga merah atau buah naga putih.
  2. Kemudian siapkan setengah potongan buah naga, lalu kupas kulitnya dan potong kecil-kecil sesuai selera hingga menjadi beberapa bagian.
  3. Haluskan semua bagian buah naga tersebut dengan blender, lalu tuangkan dalam wadah yang bersih.
  4. Dan masker buah naga tersebut siap di pakai untuk wajah kita.
Cara menggunakan masker wajah
  1. Pertama-tama pastikan kulit wajah kita sudah bersih dan bersinar.
  2. Lalu oleskan sedikit demi sedikit ke permukaan wajah dan juga leher secara merata dengan mengunakan kuas wajah atau lainnya.
  3. Diamkan olesan tersebut hingga kurang lebih 20-30 menit agar kandungan gizi di buah naga dapat meresap ke kulit wajah secara maksimal.
  4. Setelah itu bersihkan wajah dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk bersih dengan ditepuk-tepuk, lalu basuh sampai bersih dengan menggunakan air dingin.
  5. Cara ini dapat mengurangi atau mengobati jerawat asalkan digunakan dengan teratur dan rutin, bisa satu minggu 2 kali atau 3 kali.

Tips yang saya bagikan ini adalah tips untuk wajah yang normal, jika kulit Anda mengalami alergi setelah pemakaian masker buah naga, segeralah ke dokter kulit agar mendapatkan perawatan langsung.

22. Buah naga dapat menghaluskan dan melembabkan kulit
Dengan adanya zat dan kandungan vitamin B3 dalam buah naga mampu memberikan manfaat yang luar biasa, yaitu memberikan kesehatan dan nutrisi yang baik untuk kulit kita.

Vitamin E yang ada dalam buah naga, bermanfaat untuk memberikan nutrisi yang baik, sehingga sel-sel mati cepat diregenerasi dan kulit menjadi cerah bersinar.

23. Cocok untuk Anda yang mengalami tekanan darah tinggi 
Buah naga merah dan buah naga putih sama-sama mengandung kandungan vitamin C dan tidak hanya itu saja, buah naga juga mengandung magnesium dan juga flavonoid, kandungan zat tersebut membuat atau berkhasiat dalam melenturkan arteri pada tubuh, sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan aliran darah menjadi baik dan lancar, selain mengkonsumsi buah naga secara teratur imbangi dengan olah raga dan pola hidup yang sehat ya, agar kesehatan kita dapat terjaga dengan baik.

Buah naga ini telah di teliti oleh Universitas Padjajaran, sehingga dengan penelitian tersebut dapat memberikan kabar gembira bagi penderita tekanan darah yang ingin menormalkan tekanan darahnya, agar berbagai penyakit yang ditimbulkan darah tinggi tidak terjadi di tubuh kita.

Yah sebagai mana kita tahu, penyakit yang paling berbahaya seperti kanker, kolesterol, serangan jantung, dan lain-lain, semua itu berasal dari penyakit darah tinggi, dan agar kita terhindar dari penyakit itu semua, yuk kita konsumsi buah naga agar penyakit darah tinggi tidak menghampiri kita.

24. Dapat mengobati penyakit asam urat
Penyakit asam urat merupakan akibat dari konsumsi zat purin yang terlalu berlebihan, dan purin ini diolah oleh tubuh yang nantinya akan menjadi asam urat, tetapi jika kadar dari asam urat berlebihan, maka ginjal tidak akan mampu mengeluarkannya, sehingga membuat kristal asam urat menumpuk di segala persendian, dan inilah yang mengakibatkan sendi-sendi terasa nyeri, lalu bengkak dan meradang.

Pantangan penderita asam urat
  • Makan jeroan/dalaman seperti paru-paru, hati, ginjal, babat dan lain-lain
  • Makan seafoot(Makanan Laut) seperti udang, cumi-cumi, gurita dan sotong
  • Ekstrak daging 
  • Makanan yang dikalengkan
  • Makan daging kambing, daging anjing, daging babi, dan lain-lain.
Tips untuk penderita asam urat
  • Menghindari makanan yang dapat meningkatkan asam urat
  • Menghindari makan buah durian
  • Mengkonsumsi secara rutin buah naga

Buah naga menjadi solusi untuk penderita asam urat, karena dengan kandungan buah naga yang kaya dan baik maka dapat membuat kadar asam urat menjadi netral.

Baiklah agar tidak binggung, yuk simak baik-baik ulasan mengenai manfaat buah naga untuk asam urat berikut ini.

Adanya beberapa zat yang sangat baik sekali dari buah naga ini, yaitu terdapatkan beragam vitamin-vitamin, semperti vitamin C, vitamin B, dan ada juga lho zat fosfornya.

Dan masing-masing vitamin yang ada dalam buah naga sangat berperan penting dalam kesehatan kita sehari-hari, misalnya adalah vitamin C, vitamin ini tidak hanya cocok untuk kecantikan dan kesehatan kulit kita, tetapi dapat pula memberikan kekebalan yang baik dalam tubuh kita, sehingga kita tidak mudah terserang oleh penyakit.

Kemudian untuk zat fosfor, ini berfungsi untuk memberikan nutrisi yang baik bagi tulang kita, sehingga sendi-sendi tulang kita dapat sehat dan kuat tentunya.

Selain untuk asam urat, zat kalsium yang terdapat dalam buah naga membuat tulang dan gigi kita menjadi baik, ini sangat baik untuk persendian kita, jadi kita punya 2 solusi untuk satu masalah,  yaitu dengan mengkonsumsi buah naga kita dapat menguatkan tulang dan gigi kita serta dapat mengobati asam urat.

25. Buah naga dapat menyembuhkan penyakit sembelit di perut dan susah BAB
Nah kalau Anda sedang merasakan sembelit atau mules-mules, dan bahkan susah BAB, jangan langsung minum obat kimia ya, coba dulu dengan mengkonsumsi buah naga, karena salah satu manfaat buah naga adalah untuk melancarkan dan menjaga pencernaan tubuh kita.

26. Dapat menyembuhkan penyakit kanker
Buah naga dapat menyembuhkan penyakit kanker, karena dengan adanya kandungan vitamin kompleksnya sudah sangat direkomendasi oleh dokter dan bagus juga untuk terapi penyembuhan kanker.

27. Mencegah penyakit osteoporosis
Manfaat buah naga mampu menjaga penyakit osteoporosis atau pengapuran tulang, karena ada kandungan kalsium organik yang baik.

28. Buah naga dapat menjaga kesehatan jantung
Buah naga dapat menjaga kesehatan jantung, karena didalamnya terdapat vitamin B1, B2, B3 dan juga C, yang dapat membantu kesehatan dari jantung kita.

29. Buah naga dapat menyembuhkan penyakit ambeien dan wasir
Jika Anda sedang mengalami ambeien, mulailah untuk mengkonsumsi buah naga, karena dengan adanya zat anti-inflamasi dipercaya mampu mengurangi bahkan mengobati nyeri saat ambeien.

30. Khasiat buah naga cocok untuk anak usia 10 bulan
Kandungan yang saya suka dari buah naga adalah bahwa buah naga mengandung beta-karoten, dan zat tersebut mampu membuat mata si bayi menjadi sehat dan penglihatannya semakin jelas, kalau anak sehat pastinya orang tua juga senang kan.

31. Cocok untuk penderita asam lambung
Buah naga wajib sekali ada dalam tabel ataupun menu buah sehat yang harus kita konsumsi secara rutin, karena kalau kita tidak memperhatikan suplai vitamin dan gizi dari buah naga, maka kondisi tubuh kita akan drop dan akhirnya akan sakit juga, nah oleh sebab itulah dengan Allah mencipkatan buah naga maka kita harus bisa memanfaatkan buah naga secara baik tentunya.

Terlebih lagi jika Anda memiliki penyakit tertentu seperti asam lambung, dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin, maka dapat membuat asam lambung kita menjadi baik dan sehat tentunya, karena sebagaimana kita tahu penyebab dari penyakit asam lambung adalah sebagai berikut:
  • Berat badan yang berlebihan
  • Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jahat tinggi
  • Kondisi ibu sedang hamil 
32. Dapat membuat sistem saraf menjadi stabil
Dengan adanya kandungan vitamin B3 dalam buah naga, menjadikan buah ini mampu membuat sistem saraf menjadi stabil.

33. Agar tidak mudah kram
Kalau Anda sering dilanda masalah kram, cobalah untuk mencoba mengonsumsi buah naga, karena nutrisi yang ada di dalam buah naga ini, sangat bermanfaat dalam proses pengaliran darah, sehingga dapat lancar dan kram pun tidak akan terjadi.

34. Buah naga dapat mencegah kelumpuhan otot secara permanen atau sementara
Masalah otot ini sangat penting, kalau Anda menemui penyakit ini cobalah untuk diterapi dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti buah naga ini, karena sudah terbukti dapat mencegah kelumpuhan otot.

35. Mencegah kerapuhan tulang
Kandungan kalsium yang ada dibuah naga dapat memberikan nutrisi yang baik bagi tulang kita, dan zat besi yang ada didalam buah naga juga sangat tinggi, ini sangat cocok bagi orang yang sudah sepuh, karena kekuatan tulang harus dijaga.

36. Baik untuk mengobati penyakit panas dalam
Vitamin C yang ada didalam kandungan buah naga, sangat berkhasiat sekali dalam mengobati panas dalam.

37. Baik untuk mengobati sariawan
Sariawan sangat menganggu kita ketika saat makan, dan kalau Anda sekarang ini sedang mengalami sariawan, jangan buru-buru untuk meminum obat-obat kimia ya, tapi cobalah untuk menggunakan bahan alami seperti mengkonsumsi buah naga ini, dengan Izin Allah, pasti sembuh karena didalam buah naga ada vitamin C-nya.


Manfaat Buah Naga Berwarna Ungu

  • Buah naga ungu dapat mencegah osteoporosis

Penyakit pengapuran atau osteoporosis adalah penyakit yang sangat berbahaya, penyakit ini hampir sering menyerang orang yang sudah sepuh, dan kalau Anda tidak ingin mengalami hal ini cobalah untuk rutin mengkonsumsi buah naga, karena kandungan kalsium organik dalam buah naga mampu memberikan nutrisi yang baik sekali bagi tulang kita.

  • Buah naga untuk dapat menurunkan kadar kolesterol

Dengan adanya vitamin B3 dalam buah naga, maka kandungan tersebut mampu berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita, sehingga tubuh menjadi sehat dan fresh tentunya.

  • Buah naga ungu dapat merawat kesehatan mata

Buah naga mengandung senyawa beta-Karoten, zat tersebut adalah zat yang fungsinya hampir sama dengan sayuran wortel, sehingga kalau kita rutin mengkonsumsinya maka kesehatan mata kita dapat terawat dengan baik.


Manfaat buah naga buat kecantikan

  • Buah naga dapat menjaga kesehatan kulit

Dengan adanya kandungan vitamin C pada buah naga, tidak hanya membuat tubuh kita lebih kebal terhadap penyakit lho, tetapi bisa juga untuk menjaga kesehatan kulit kita, dan meregenerasi sel-sel kulit yang telah mati.


Manfaat Buah Naga Bagi Tubuh Manusia

  • Buah naga dapat menjaga kesehatan dan stamina

Manfaat buah naga adalah bahwa buah ini  mengandung zat antioksidan, dan zat tersebutlah yang berperan dalam menangkal setiap radikal bebas yang ada dalam tubuh kita, sehingga efeknya adalah tubuh menjadi lebih sehat dan stamina menjadi prima tentunya.

Efek samping buah naga dari segi kesehatan dan kecantikan kulit dan rambut


Sampai saat ini belum ada kabar mengenai apa saja efek yang dihasilkan oleh buah naga ini, dan semoga harapan kita tidak akan ada efek samping yang berbahaya, karena buah naga ini sangat enak dikonsumsi dan sangat cocok untuk semua kalangan manusia.

Baiklah demikian beberapa ulasan mengenai manfaat buah naga dan efek sampingnya untuk kesehatan tubuh kita, terus konsumsi buah naga ya agar kesehatan kita dapat terjaga dengan baik, dan ada juga lho manfaat buah lainnya, dan terus simak blog saya ini, karena akan ada update-an terbaru mengenai manfaat buah lainnya, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel